Kencan Dengan Tuhan. Sabtu, 26 Desember 2015

Bacaan:
Kejadian 2:18
“TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”

Renungan:
Ketika saya mengumumkan bahwa sekolah akan membuat pohon Natal dari botol air mineral bekas, maka murid-muridpun begitu antusias mengumpulkan botol dari berbagai merek. Ada yang harus mengambil dari tong-tong sampah sekolah, ada yang mengumpulkan dari rumah dan dari tempat kerja orang tuanya. Sesudah itu mereka mulai membantu membersihkan dan kemudian memasang kawat di leher botol untuk dicantelkan ke kerangka kawat pohon Natal. Akhirnya setelah selesai kami semua bisa menikmati keindahannya. Kita tidak bisa bekerja sendirian. Sadarilah, bahwa kita memerlukan orang lain untuk dapat menyelesaikan tugas yang ada di pundak kita. Semakin besar tugas yang harus kita selesaikan, semakin banyak rekan kerja yang kita butuhkan. Oleh karena itu jangan pernah menutup diri dan tidak mau bekerjasama dengan orang lain. Gesekan pasti akan terjadi saat kita bekerjasama, tetapi hal ini tidak dapat dijadikan alasan untuk menutup diri dan tidak mau bekerjasama dengan orang lain. Gesekan antar sesama dapat diusahakan agar berkurang, namun kebutuhan kerjasama tidak dapat dikurangi. Oleh karena itu Allah menciptakan Hawa untuk menjadi penolong yang sepadan bagi Adam. Ingatlah bahwa kodrat kita adalah untuk bekerja sama, bagaikan tangan yang membutuhkan kaki, kaki yang membutuhkan mata, mata yang membutuhkan telinga dsb. Kerja sama mendatangkan hasil yang maksimal. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Yesus, berilah aku rahmat kerendahan hati untuk mau bekerja sama dengan orang lain. Ingatkanlah aku bahwa dibalik keberhasilanku ada tangan-tangan lain yang telah bekerja keras untuk membantuku menyelesaikan setiap tugas dan pekerjaanku. Amin. (Dod).