Kencan Dengan Tuhan. Selasa, 22 Desember 2015

Bacaan:
Roma 12:2

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Renungan:
Hidup di dalam dunia yang selalu mengalami perubahan begitu cepat, bisa menyeret kita dalam kebiasaan buruk yang mementingkan gengsi dan kehidupan yang konsumerisme. Karena itu, mengikuti setiap perkembangan dan kemajuan yang ada, butuh kejelian dan penguasaan diri. Kalau tidak, kita akan terjebak dalam gaya hidup duniawi yang banyak mementingkan kesenangan dan kepuasan diri. Roma 12:2 mengingatkan kepada kita bahwa untuk memulai suatu perubahan khususnya dalam hal gaya hidup, harus dimulai dari tindakan mengubah apa yang kita percayai, seperti apa yang dikatakan oleh Dr. Spencer Johnson, “Bila anda mengubah apa yang anda percayai, anda mengubah apa yang anda lakukan.” Jika kita percaya bahwa harga diri seseorang terletak pada kemuliaan karakternya, maka kita tidak akan bersusah payah dan memaksakan diri untuk memiliki barang mewah yang selama ini kita anggap bisa menaikkan martabat seseorang. Di sisi lain gaya hidup yang terlalu mengikuti arus duniawi, akan memaksa kita untuk berhutang, sehingga beban bertambah. Kiranya Tuhan akan mengaruniakan hikmatNya kepada kita, sehingga kita dapat membedakan apa yang baik dan berkenan kepadaNya. Mengikuti gaya hidup duniawi hanyalah usaha untuk mendapatkan penghargaan dari manusia, tetapi bukan dari Tuhan. Marilah kita mulai meningkatkan hidup kerohanian kita, sehingga karakter kita berubah menjadi seperti karakter Yesus sendiri, sehingga melalui kehadiran kita nama Tuhan dimuliakan. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, berilah aku penguasaan diri agar aku tidak cepat terpengaruh oleh gaya hidup duniawi yang berlebihan, tapi bawa aku untuk menghayati hidup kerohanianku yang dapat mengubah karakterku. Amin. (Dod).