Kencan Dengan Tuhan. Rabu, 23 Maret 2016

Bacaan:

Kolose 3:13

“Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Renungan:
Seseorang pernah berkata, “Saya memutuskan untuk tetap setia pada kasih. Kebencian adalah beban yang terlalu berat untuk dipikul.” Kebencian adalah lawan dari mengasihi. Ada orang yang pernah berkata, “Aku tidak mudah memaafkan seseorang yang sudah menyakiti hatiku. Aku akan membenci dan selalu membencinya.” Apa yang sebenarnya dilakukan orang ini? Dia telah menahan semua kesejukan dan perasaan-perasaan damai serta sukacita bagi dirinya sendiri. Jika kita memutuskan untuk tidak berdamai dengan orang yang menyakiti kita dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kita telah menandatangani kontrak untuk memikul beban dalam jangka waktu yang cukup lama. Hanya kasih dan pengampunan yang bisa membatalkan itu. Kasih yang akan meringankan hidup kita dan kasih yang akan membuat wajah kita berseri-seri. Kalau saat ini masih ada kebencian, dendam atau perasaan apapun yang tidak enak terhadap orang lain, berlututlah dan berdoa mohon ampun pada Tuhan. Kemudian ampunilah orang yang telah membuat hati kita tidak nyaman. Jangan membuang waktu, lepaskanlah beban itu saat ini juga. Yesus yang hidup akan mengubahkan kita menjadi orang yang selalu memancarkan kasih yang tak putus-putusnya. Tuhan memberkati.

Doa:

Yesus, masuklah dalam hatiku dan selidikilah hatiku. Ada kebencian dan dendam yang masih mengganjal di hatiku. Bantu aku untuk mengangkat dan melepaskan semua itu. Berilah roh untuk mengampuni masuk dalam hatiku agar aku terbebas dari ikatan ini. Yesus, aku ingin hidup bebas merdeka tanpa kecewa dan dendam. Pulihkan hatiku dan kembalikan damai sejahteraMu masuk dalam hatiku. Amin. (Dod).