Kencan Dengan Tuhan. Jumat, 24 Juni 2016

Bacaan:

Matius 25:23a

“Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar.”

Renungan:
Vivian dan Don adalah sepasang suami istri yang sama-sama berusia 90 tahun dan mereka telah menikah selama lebih dari 70 tahun. Suatu ketika Vivian jatuh dan tulang panggulnya patah. Hal ini membuat mereka sedih karena kini mereka tidak lagi cukup kuat untuk tetap aktif dalam kegiatan dan pelayanan di gereja. Meski demikian, Vivian dan Don tetap aktif bekerja bagi Tuhan dengan menjadi pendoa syafaat. Meski mereka tidak selalu hadir secara fisik dalam berbagai kegiatan di gereja, mereka tetap setia di balik layar dalam pelayanan mereka bagi Tuhan. Perumpamaan tentang talenta dalam bacaan di atas mengingatkan kita bahwa kita harus menggunakan talenta yang Allah berikan kepada kita dengan bijaksana. Kita tidak boleh mengubur dan menelantarkan pemberian Allah tersebut. Allah akan memakai kita bukan hanya pada masa-masa ketika kita masih kuat. Baik saat kita masih remaja atau sudah menua, bahkan ketika kita sedang sakit atau lemah, Dia akan tetap memakai kita. Vivian dan Don terus melayani Allah dengan doa-doa mereka. Dan seperti mereka, Allah pun menghendaki kita masing-masing untuk melayaniNya dengan kemampuan dan kesanggupan kita. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, terima kasih untuk semua talenta yang telah Kau berikan padaku. Bantulah aku agar semua talenta itu dapat kugunakan untuk melayaniMu, sehingga melalui pelayananku namaMu semakin dimuliakan. Amin. (Dod).