Kencan Dengan Tuhan. Jumat, 29 Juli 2016

 

Bacaan:

Yakobus 2:17

“Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.”

Renungan:

Bunda Teresa lahir di dalam lingkungan keluarga berada, sebab ayahnya adalah seorang pebisnis yang sukses, tetapi hatinya ada di antara orang-orang miskin. Secara fisik dia tidak terlalu besar, tetapi semangatnya sangat besar untuk menolong orang lain. Dia bukan wanita perkasa, tetapi menjadi wanita super di dalam misi kemanusiaannya. Dia bukan seorang pemimpin, tetapi begitu banyak orang yang mengikutinya.
Memang perbuatan baik bukanlah syarat untuk memperoleh keselamatan, tetapi perbuatan baik adalah bukti nyata dari orang beriman yang telah menerima janji keselamatan itu. Jika mereka berbuat baik, itu akan menjadi kesaksian bagi orang lain yang belum percaya untuk dapat mengenal Tuhan Yesus. Hal ini seperti kesaksian seseorang tentang Bunda Teresa setelah ia melihat Bunda Teresa membasuh luka seorang penderita kusta, “Bertahun-tahun lamanya aku percaya bahwa Isa adalah seorang nabi. Tetapi sekarang, aku percaya bahwa Dia itu adalah Tuhan, karena Dia dapat memberikan sukacita yang begitu besar kepada suster ini untuk melakukan pekerjaan yang tidak mudah dengan penuh kasih.” Itulah sebabnya Yakobus menegaskan, “Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.”
Banyak cara bagi kita untuk berbuat baik, baik dengan harta maupun jasa. Biarlah orang lain berkata, “Sekarang aku tahu bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat,” ketika mereka melihat iman kita melalui perbuatan baik yang kita lakukan. Tuhan memberkati.

Doa:

Terima kasih Yesus atas keselamatan yang telah Kau anugerahkan padaku. Mampukan aku agar melalui imanku aku dapat melakukan perbuatan baik, sehingga namaMu semakin dimuliakan dari hari ini sampai selama-lamanya. Amin. (Dod).