Kencan Dengan Tuhan. Minggu, 31 Juli 2016

Bacaan:

Amsal 15:22

“Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.”

Renungan:

Thomas a Kempis seorang teolog dari abad ke 15 berkata, “Adakah seseorang yang begitu bijak sehingga ia memiliki pengetahuan yang sempurna akan segala sesuatu? Oleh karena itu janganlah terlalu bergantung pada pendapat anda sendiri, tetapi hendaklah anda mau juga mendengar pendapat orang lain. Walaupun pendapat anda itu mungkin baik, tetapi apabila demi kasih Allah anda melepaskan pendapat anda itu dan mengikuti nasihat orang lain, anda pun akan lebih beruntung.”
Untuk mengetahui jalan yang dikehendaki Allah bagi hidup ini, seorang yang bijak perlu membuka dirinya untuk memerhatikan sejumlah nasihat yang akan dipakai Allah untuk membimbingnya lewat hikmatNya. Ketika seseorang meminta nasihat yang bijak dari orang lain, ia sedang menunjukkan kesadaran bahwa mungkin saja ia telah melewatkan beberapa faktor penting yang perlu baginya untuk mengambil keputusan.
Salomo pribadi yang paling bijak di Israel, menulis tentang arti penting dari meminta nasihat orang lain, “Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.”
Tuhan adalah penasihat ajaib dan Dia rindu melindungi kita melalui kehadiran para penasihat yang bijak. Mintalah nasihat dari mereka dan bersyukurlah kepada Allah karena keberadaan mereka. Perkenankan mereka menolong anda untuk melihat rancanganNya bagi hidup anda dengan lebih jernih. Tuhan memberkati.

Doa:

Yesus, buka hatiku dan berilah aku rahmat kerendahan hati agar aku dapat menerima setiap nasihat dari orang lain yang baik, yang dapat berguna untuk pertumbuhan iman dan memperbaiki kehidupanku dalam menjalin relasiku dengan sesama. Amin. (Dod).