Kencan Dengan Tuhan. Selasa, 26 Juli 2016

 

Bacaan:

Daniel 9:13

“Seperti yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, segala malapetaka ini telah menimpa kami, dan kami tidak memohon belas kasihan TUHAN, Allah kami, dengan berbalik dari segala kesalahan kami dan memperhatikan kebenaran yang dari pada-Mu.”

Renungan:

Ketidaktaatan terhadap firman Tuhan akan mendatangkan banyak persoalan. Ketidaktaatanlah yang membuat bangsa Israel mengalami banyak pencobaan dan ketidaktaatan pula yang menyebabkan mereka dihukum. Ketidaktaatan bangsa Israel ketika di padang gurun menewaskan sebagian besar dari antara mereka. Israel telah mengalami banyak mujizat, pertolongan, pemeliharaan dan perlindungan langsung dari Tuhan, namun rupanya semua itu tidak mengubah sifat pemberontak mereka. Sifat tidak taat ini terus berlanjut hingga akhirnya Israel mengalami pembuangan ke Babel hingga Daniel harus berdoa syafaat untuk Israel.
Tuhan sering menjadi kambing hitam atas kejadian buruk yang sebenarnya merupakan akibat dari kedegilan hati kita. Sudah keras hati, tidak taat, memberontak, itu pun kita masih menyalahkan Tuhan untuk berbagai peristiwa buruk yang sebenarnya merupakan akibat dari ketidaktaatan kita. Jika hidup kita menjadi kacau, ingatlah kembali bahwa bukan Tuhan yang membawa semua kekacauan itu ke dalam hidup kita, tetapi ketidaktaatanlah yang mengakibatkannya.
Jika hari ini kita mengalami situasi dan keadaan yang buruk, marilah kita bersikap jujur kepada diri sendiri. Ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah membawa kita kepada kekacauan, kedegilan kita sendirilah yang membawanya. Tuhan memberkati.

Doa:

Yesus, ampunilah aku karena ketika permasalahan terjadi dalam hidupku, sering aku menyalahkan Engkau sebagai akibat dari terjadinya masalah tersebut, padahal hal itu terjadi karena ketidaktaatanku terhadap firmanMu dan ajaranMu. Kini buka hatiku agar aku mulai terbuka untuk kebenaran firmanMu dan taat untuk melakukannya. Amin. (Dod).