Kencan Dengan Tuhan. Jumat, 26 Agustus 2016

Bacaan:

Amsal 6:16-17

“Enam perkara ini yang dibenci TUHAN, bahkan, tujuh perkara yang menjadi kekejian bagi hati-Nya:
mata sombong, lidah dusta, tangan yang menumpahkan darah orang yang tidak bersalah.”

Renungan:
Salomo menempatkan mata sombong sebagai perkara pertama yang dibenci Tuhan. Mata sombong adalah kata lain dari sifat jelek yang lebih dikenal dengan istilah angkuh yaitu sifat yang memandang rendah orang lain dan menganggap diri sendiri yang paling pandai, kaya atau benar.
Ada apa dengan mata sombong sehingga dibenci Tuhan. Pertama, kesombongan adalah dosa pertama yang menjadikan iblis sebagai oknum pertama yang jatuh ke dalam dosa. Kesombongan membuat iblis memberontak dan ingin menyamai Allah. Kedua, Ben Sirach menjelaskan bahwa kesombongan adalah gudang dosa. Kesombongan merupakan induk dari banyak dosa lainnya. Jika hati seseorang sudah ditutupi oleh awan gelap kesombongan, maka ia tidak dapat melihat kekurangan atau kesalahan diri sendiri. Kesombongan membuat orang selalu memegahkan diri, seperti Rabi Simeon yang berkata, “Dunia tidak akan cukup baik tanpa 30 orang benar seperti Bapa Abraham. Jika ada 10 orang benar, maka saya dan anak saya berada dalam kumpulan orang benar itu. Jika ada 10 orang benar, maka saya dan anak saya berada dalam kumpulan orang benar itu. Jika hanya dua, itu adalah saya dan anak saya. Jika hanya satu, itu adalah saya!”
Jauhkanlah diri dari mata sombong, karena Tuhan akan menghukumnya. “Sebab Tuhan semesta alam menetapkan suatu hari untuk menghukum semua orang congkak dan angkuh serta menghukum semua orang yang meninggikan diri, supaya direndahkan.” (Yes 2:12). Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, jauhkanlah aku dari sikap sombong dan tegurlah aku bila sikap sombong mulai merayap perlahan masuk dalam hatiku. Jangan biarkan kesombongan menguasaiku, tapi gantilah dengan sikap rendah hati, sehingga hanya Engkau yang aku tinggikan. Amin. (Dod).