Kencan Dengan Tuhan. Sabtu, 27 Agustus 2016

Bacaan:

Amsal 28:27
“Siapa memberi kepada orang miskin tak akan berkekurangan, tetapi orang yang menutup matanya akan sangat dikutuki.”

Renungan:
Kisah tentang orang Samaria yang murah hati mau menyatakan kemurahan dan kebaikannya kepada seseorang yang diserang perampok. Ketika orang lain menghindar dan melewati begitu saja, ia malahan melakukan sesuatu untuk menolong dan meringankan beban penderitaan orang tersebut. Kemurahan hati yang ia miliki telah mendorongnya mengorbankan waktu, tenaga, perhatian dan uangnya untuk sesama yang membutuhkan.
Di dalam gereja, suatu kelompok persekutuan, keluarga atau masyarakat, kita akan selalu menemukan orang-orang yang murah hati seperti itu. Mereka tahu bahwa seseorang butuh penghiburan dan kekuatan, mereka tahu ketika seseorang memerlukan bantuan secara materi. Ketika banyak orang melupakan orang-orang tua di panti jompo, orang yang memiliki kemurahan hati akan memikirkan, mengunjungi dan menghibur mereka. Hal itu dilakukan bukan untuk mendapatkan penghargaan dan pujian, tetapi kemurahan dan belas kasihan di dalam dirinya itulah yang mendorongnya melakukan perbuatan baik terhadap sesamanya.
Hari ini mungkin Tuhan memilih anda untuk melakukan suatu tindakan kemurahan hati tersebut untuk seseorang yang tiba-tiba Tuhan kirimkan kepada anda. Lakukanlah karena Allah sangat menghargai itu dan Ia sedang memakai anda untuk menyatakan kasihNya kepada semua orang. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, terima kasih atas kepercayaan yang Kau berikan padaku untuk memikirkan dan mengerti keberadaan sesamaku. Tolong aku, agar aku semakin bisa menyatakan kemurahan dan kasihMu terhadap sesamaku yang membutuhkan pertolonganku. Amin. (Dod).