Kencan Dengan Tuhan. Selasa, 27 September 2016

Bacaan:

Ester 2:9
“Maka gadis itu sangat baik pada pemandangannya dan menimbulkan kasih sayangnya, ….

Renungan:
Buah manggis disebut sebagai ratu buah karena mengandung anti-inflamasi dan kadar antioksidan yang tinggi bernama xanthone. Kandungan xanthone paling banyak ditemukan di kulit manggis yang keras. Selain itu manggis juga memiliki memiliki berbagai nutrisi lainnya seperti serat, potasium, kalsium, vitamin B1, B2, B6, C dan zat besi. Jika dikonsumsi secara teratur, kandungan dalam buah manggis ini ternyata dapat membantu mengatasi berbagai kendala kesehatan. Jadi, buah manggis tidak hanya manis, namun juga kaya akan nutrisi yang berkhasiat.
Sebagai pengikut Yesus, seharusnya kita memiliki karakter seperti manggis, tak hanya manis tetapi juga bermanfaat bagi orang-orang di sekeliling kita. Manggis mengingatkan kita pada Ester. Ester bukan hanya cantik parasnya tetapi juga memiliki karakter yang cantik. Ia mampu menimbulkan kasih sayang dari Hegai, penjaga para perempuan di benteng Susan. Bahkan ia dapat menimbulkan kasih sayang pada semua orang yang melihat dia, terutama Raja Ahasyweros. Pada akhirnya Ester diangkat menjadi ratu menggantikan Ratu Wasti.
Demikian juga dengan kita. Alangkah indahnya jika kita dapat menjaga karakter kita dengan baik. Cantik dan tampan dari luar saja tidak cukup, perlu diimbangi dengan karakter yang terpuji. Karakter yang bukan lahir dari penampilan fisik saja tetapi lahir dari kedalaman hati yang takut akan Tuhan. Mari milikilah karakter seperti manggis, sehingga kita bukan hanya beroleh kasih sayang dari manusia, tetapi juga semakin beroleh kasih karunia dari Tuhan. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, penuhilah aku dengan kuasa RohMu agar karakterku semakin menyerupai Engkau sendiri, sehingga melalui kehadiranku, banyak orang merasakan kehadiranMu sendiri. Amin. (Dod).