Kencan Dengan Tuhan. Minggu, 30 Oktober 2016

Bacaan:

Yohanes 8:12
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

Renungan:
Tuhan Yesus datang sebagai Terang Dunia. KedatanganNya membuat hal-hal yang tidak menyehatkan tubuh rohani seperti kesombongan, prasangka, iri hati, pembenaran diri, pemberontakan, tidak mau mengalah, keegoisan akan terlihat dengan jelas. Bagi mereka yang sudah menerima Terang Dunia itu dan bertobat maka dapat melihat dan bisa langsung membersihkan diri dari hal-hal yang tidak menyehatkan tubuh rohani mereka. Bahkan lebih jauh lagi, orang-orang yang sudah menerima Terang Dunia itu juga dipakai untuk menyinari dunia sehingga hal-hal yang tidak menyehatkan tubuh rohani yang ada ada pada dunia akan terlihat.
Mungkin saat ini kita masih menyimpan hal-hal yang tidak menyehatkan tubuh rohani kita dan orang lain tidak tahu, tetapi Tuhan Yesus tahu karena Ia adalah Terang Dunia. Oleh sebab itu, jangan kita menebalkan dinding-dinding dan terus berusaha menutupinya. Bertobatlah dan bersihkan diri anda dari hal-hal tersebut sebelum Yesus memperlihatkannya di hadapan orang lain dan kita menjadi malu. Jikalau kita sudah menerima Sang Terang Dunia, teruslah berusaha untuk hidup dalam kesucian. Jadilah terang dan garam dunia bagi orang lain agar Bapa di surga dimuliakan dengan kehadiran kita. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, sinarilah aku dengan terangMu, agar setiap kelemahan diriku yang menjadi batu sandungan bagi sesamaku dapat terlihat, dan dengan kuasaMu bantulah aku untuk melepaskannya sehingga diriku diubahkan menjadi pribadi baru yang semakin menyerupai Engkau. Amin. (Dod).