Kencan Dengan Tuhan. Rabu, 14 Desember 2016

Bacaan:

1 Petrus 4:7

“Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.”

Renungan:
Suatu ketika ada seseorang berkata, “Kalau aku bekerja dan mendapatkan uang yang banyak, maka hidupku akan lebih bahagia.” Tetapi, benarkah banyaknya uang dapat menjamin kebahagiaan seseorang? Hal ini tergantung bagaimana cara kita mengelola uang dan menguasai diri untuk tidak selalu memenuhi semua keinginan kita karena manusia cenderung untuk selalu menaikkan standar hidupnya di saat pendapatannya naik.
Kita harus belajar menguasai diri dan mengekang keinginan-keinginan kita agar hidup kita menjadi tenang seperti yang tertulis dalam Kitab Suci 1 Petrus 4:7, “Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.”
Dalam hal ini bukan berarti kita tidak boleh memiliki barang-barang yang bagus atau tidak boleh menikmati kehidupan yang lebih baik. Tetapi ingatlah jangan sampai upaya untuk menikmati hidup yang lebih baik justru akan mengorbankan kebahagiaan anggota keluarga kita. Bukankah banyaknya keinginan seringkali mendatangkan ketidaktenteraman? Ketika kita mulai memaksakan diri untuk memenuhi keinginan-keinginan itu, saat itulah kita mulai kehilangan ketenteraman hidup. Sangatlah penting untuk menguasai diri karena jika kita terus mengendalikan hasrat-hasrat kita dan hidup dalam porsi yang sesuai, maka di situlah kita akan menemukan ketenangan batin. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, berilah aku penguasaan diri agar aku dapat mengekang keinginan-keinginan diriku untuk memiliki barang-barang yang hanya untuk menaikkan gengsiku padahal tidak aku butuhkan. Berilah aku ketenangan hati sehingga aku dapat memilih hanya yang kubutuhkan saja. Amin. (Dod).

Share this Post!

About the Author : Mudika Liturgi