Kencan Dengan Tuhan. Senin, 14 Desember 2015

Bacaan:
Mazmur 86:15
“Tetapi Engkau, ya Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih dan setia.”

Renungan:

Seorang ayah mengajak anak laki-lakinya untuk berbelanja dengan menggunakan sepeda motor. Sang ayah sangat menyayangi anaknya. Di sepanjang perjalanan ia selalu mengingatkan anaknya agar berpegangan erat. Namun karena lelah, anak itu melepaskan pegangannya. Di sebuah tikungan muncul sebuah mobil yang melaju cukup kencang, sehingga sang ayah mengerem secara mendadak. Akibatnya anaknya terlempar ke pinggir jalan. Anak itu mengalami geger otak yang parah dan menyebabkan ia menjadi buta, bisu dan tuli.

Ini adalah gambaran hubungan kita dengan Bapa di sorga. Bapa mengasihi kita sehingga Ia memberikan aturan-aturan yang harus ditaati demi kebaikan kita. Tapi seringkali kita tidak mengindahkan aturan itu. Kita ingin hidup menurut keinginan sendiri karena kita ingin bebas. Akibatnya kita kehilangan berkat-berkat yang seharusnya dapat kita nikmati. Pada akhirnya kita mulai mengeluh dan menyalahkan Bapa Sorgawi. Kita menganggapNya tidak adil dan mulai meragukan kasih dan kuasaNya. Mulai sekarang jangan lagi bersungut-sungut atau marah karena kejadian-kejadian yang menyakitkan dan sulit kita pahami. Mungkin ini adalah akibat ketidaktaatan kita. Jika kita ingin mengetahui hati Bapa yang sesungguhnya, rajinlah bersekutu denganNya, membaca firmanNya dan berdoalah. Di dalam hadiratNya kita akan mengerti bahwa Ia adalah Bapa yang sangat baik dan selalu menginginkan yang terbaik untuk kita. Tuhan memberkati.

Doa:

Yesus, aku bersyukur karena Engkau begitu mengasihiku. Buka hatiku agar aku mampu membalas kasihMu itu dengan lebih taat lagi untuk melakukan semua firmanMu. Yesus, masuklah dalam hatiku dan bekerjalah secara bebas di dalamnya. Amin. (Dod).