Kencan Dengan Tuhan. Senin, 15 Februari 2016

Bacaan:

Yohanes 9:4
“Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.”

Renungan:
Joseph Alleine walau baru berusia 21 tahun sangat terbeban untuk pertobatan jiwa-jiwa. Tahun 1655 ia dipercayakan menjadi hamba Tuhan di sebuah gereja. Setelah menikah dengan Theodosia, Theodosia mengeluh bahwa satu-satunya kesalahan Joseph adalah tidak banyak meluangkan waktu untuknya. Mendengar keluhan istrinya, Joseph berkata, “Sayangku, aku tahu bahwa jiwamu aman. Tapi banyak sekali jiwa terhilang yang menuntut waktu yang banyak dariku.” Ia mempunyai kebiasaan bangun jam 04.00 untuk berdoa dan mempelajari Alkitab hingga jam 08.00. Setelah itu ia menemui orang-orang di jalanan karena ia memiliki daftar nama mereka dan mengetahui seluk beluk kehidupan mereka. Begitu berharganya waktu bagi Joseph sehingga ia berkata, “Berikan kepadaku seorang Kristen yang menganggap waktunya lebih berharga daripada emas.” Pada awal minggu ia akan berkata, “Satu minggu lagi waktu tersedia di hadapan kita. Mari kita manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya bagi Tuhan.” Seberapa baik kita menggunakan waktu yang sudah Tuhan percayakan? Kita tidak tahu berapa lama kita hidup di dunia. Karena itu marilah kita kita gunakan waktu ini sebaik-baiknya. Jangkaulah jiwa-jiwa bagi KerajaanNya. Anggaplah bahwa hari ini adalah hari terakhir bagi kita. Tidak jadi masalah apakah usia hidup kita pendek atau panjang, yang terpenting apakah kita sudah mengisi hari-hari hidup kita dengan penuh tanggung jawab kepada Sang Pemberi waktu? Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, terima kasih atas waktu yang telah Kau berikan padaku. Ajarilah aku untuk mengisi hari-hariku dengan perbuatan-perbuatan yang berguna untuk banyak orang. Sehingga melalui kehadiranku, banyak jiwa kubawa kepadaMu. Amin. (Dod).