Kencan Dengan Tuhan. Jumat, 1 Juli 2016

Bacaan:

Yesaya 42:3
“Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum.”

Renungan:
Seorang anak yang tidak mengerti pelajaran di sekolah datang kepada ayahnya dengan penuh harapan untuk minta diajari. Tetapi tanpa diduga sang ayah berkata kepadanya, “Dasar anak goblok, begitu aja nggak bisa!” Setelah kejadian itu sang anak menjadi minder dan tidak bisa berkembang pola pikirnya. Hal ini juga berlaku di dalam kehidupan rohani. Sering kita mendengar perkataan atau nasihat dari saudara seiman, “Dasar kamu kurang imannya.” Saat Tuhan Yesus datang ke dunia, banyak orang yang ditolak oleh masyarakat. Mereka adalah para pelacur, pemungut cukai dan orang berdosa lainnya. Pergaulan dengan orang-orang seperti itu dibatasi. Kedatangan Yesus menjungkirbalikkan pandangan orang-orang saat itu. Yesus justru bergaul dengan orang-orang berdosa. Kepada mereka, Yesus memberikan penghiburan, kekuatan dan teguran. Yesus adalah seorang konselor yang lemah lembut. Tidak ada yang ditolak jika mereka mau datang padaNya. Hasil akhir dari perbedaan sikap Tuhan Yesus dengan orang-orang Yahudi pun berbeda. Pada saat orang Yahudi menangani dengan cara menghakimi, tidak banyak orang bertobat. Tetapi saat Yesus bertindak dengan kasih, semangat hidup mereka pulih kembali. Mungkin saat ini anda adalah orang yang tidak mempunyai tempat dalam masyarakat, keluarga atau bahkan dalam gereja. Percayalah kepada Tuhan Yesus, karena Ia yang sanggup menghibur dan memberi jalan keluar. Datanglah kepadaNya sekarang. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, penuhilah aku dengan kuasa urapanMu, agar aku mampu menerima setiap orang terutama mereka yang tersingkirkan di dalam kehidupan mereka sehari-hari. Jangan biarkan aku menasihati mereka dengan penghakiman, tetapi berilah aku hikmat agar mampu menasihati dengan penuh kasih. Yesus, Engkaulah andalanku. Amin. (Dod).