Kencan Dengan Tuhan. Sabtu, 9 Juli 2016

Bacaan:

Lukas 6:30
“Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.”

Renungan:
Di suatu hari Natal, Mark mengunjungi orang tuanya yang tinggal di kawasan pertambangan Virginia Barat. Saat itu ia memerhatikan sepasang suami istri berhenti di depan seorang tua yang pincang. Dia mengenal sang suami sebagai seorang buruh tambang yang harus bekerja keras untuk mendapatkan sejumlah uang. Mark melihat sang istri berbisik kepada suaminya dan sang suami nampak tersenyum. Istri buruh tambang tersebut lalu mengambil dompet hitamnya yang berisi uang koin, mendekati orang pincang itu dan menuangkan semua isi dompetnya ke kaleng si pincang. “Selamat Natal,” kata buruh tambang dan istrinya. Orang pincang itu membalas dengan ucapan terima kasih dan rasa haru yang dalam atas apa yang telah diterimanya. Suami istri itupun pulang dengan berjalan kaki. Langkah mereka begitu ringan dan wajah mereka memancarkan sukacita yang tak terlukiskan. Ada damai sejahtera dan sukacita ketika kita belajar melakukan firman Tuhan dan membagikan kasih Yesus yang ada di dalam hati kita kepada orang lain. Seorang bijak berkata, “Kepuasan dan kebahagiaan tidak selalu didapatkan melalui apa yang kita terima melainkan juga melalui apa yang kita berikan.” Suami istri buruh tambang itu telah menyediakan tempat yang layak bagi Yesus di dalam hati mereka, karena sekalipun kekurangan, mereka tetap membagikan kasih Yesus kepada orang lain. Mungkin kita memiliki lebih dari sekedar uang koin yang dapat kita berikan. Berikanlah, agar orang-orang dapat menikmati kehadiran Yesus Sang Juruselamat melalui kehadiran kita. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, taruhlah roh belas kasihMu masuk dan menguasaiku sehingga hatiku mampu tergerak dan melakukan suatu tindakan untuk meringankan beban orang lain. Yesus, jadikanlah hatiku seperti hatiMu. Amin. (Dod).