Kencan Dengan Tuhan. Senin, 4 Juli 2016

Bacaan:

Matius 13:32

“Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya.”

Renungan:
Yesus memberikan perumpamaan tentang biji sesawi sebagai benih yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh akan menjadi pohon sehingga burung-burung bisa bersarang pada cabang-cabangnya. Jika hidup kita dipenuhi dengan nilai-nilai hidup kristiani dan kuasa Tuhan, maka hidup kita akan menjadi berkat bagi banyak orang. Orang akan senang datang dan bergaul dengan kita. Mereka akan datang untuk curhat dan meminta pertolongan dan doa. Bila hal ini terjadi, maka kita harus siap menjadi kokoh karena burung-burung itu tentu akan memusingkan kita dengan segala beban dan masalahnya. Burung-burung itu tidak hanya hinggap tapi akan bersarang dengan membawa rumput-rumput kering dengan kotoran yang berceceran di sana-sini. Oleh karena itu hidup kerohanian kita harus bertumbuh dengan baik, agar semua persoalan orang lain yang disampaikan kepada kita akan semakin menguatkan iman kita. Kotoran burung akan menjadi pupuk yang subur bagi pohon sesawi. Ciap-ciap anak burung akan menjadi penghiburan dan bukannya pengganggu. Apakah hari ini ada masalah yang menekan hidup anda? Atau ada beban orang lain yang ditimpakan kepada anda? Anggaplah itu menjadi pupuk yang subur dan ajaib sehingga dapat membuat iman dan nilai-nilai hidup kristiani kita semakin bertumbuh subur. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, beri aku hikmat dan kuasaMu, agar hidup kerohanianku semakin bertumbuh dengan baik, sehingga aku dapat menjadi berkat bagi banyak orang. Beri aku kekuatan, agar setiap beban orang lain yang diceritakan padaku dapat semakin menguatkan imanku dan aku dapat memberikan solusi terbaik bagi mereka. Amin. (Dod).